Pengaruh Komunikasi Media Sosial Terhadap Niat Beli dengan Ekuitas Merek dan Sikap Terhadap Merek Sebagai Mediator
Abstract
Kesesuaian dan kemudahan penggunaan media sosial dengan kondisi saat ini
menjadikan banyak perusahaan menggunakan media sosial sebagai bagian dari
strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
komunikasi media sosial terhadap niat beli dengan ekuitas merek dan sikap
terhadap merek sebagai mediator. Komunikasi media sosial dapat dievaluasi
berdasarkan karekteristik kontennya, yaitu konten buatan perusahaan dan konten
buatan pengguna. Populasi pada penelitian ini adalah Pengguna media sosial yang
pernah melihat konten buatan perusahaan dan konten buatan pengguna tentang
merek suatu coffeeshop di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode
purposive sampling dan menghasilkan 165 responden. Penelitian ini menggunakan
data primer yang didapat melalui koesioner online. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan sofware SPSS dan software SmartPLS. Hasil penelitian ini
menunjukan 4 hipotesis didukung dan 1 hipotesis tidak didukung. (1) Konten
buatan perusahaan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap ekuitas merek. (2)
Konten buatan pengguna berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ekuitas
merek. (3) Konten buatan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
sikap merek. (4) Konten buatan pengguna berpengaruh positif dan signifikan
terhadap sikap merek. (5) Sikap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap
ekuitas merek. (6) Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat
beli. (7) Sikap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli.
Collections
- Master of Management [416]