Show simple item record

dc.contributor.authorFauzar, Fredy
dc.date.accessioned2024-05-08T03:24:29Z
dc.date.available2024-05-08T03:24:29Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48997
dc.description.abstractKomunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang terjadi antara individu dengan individu lainnya. Komunikasi ini memiliki tiga komponen utama, yaitu komunikator (pengirim pesan), pesan (informasi), dan komunikan (penerima pesan). Komunikasi yang efektif dapat menjaga hubungan antar sesama manusia. PT Pertamina Hulu Rokan Duri berganti pengelola pada 2021, yang semula dikelola oleh Chevron menjadi Pertamina. Tentu perubahan ini berdampak kepada lingkungan kerja dan karyawan, khususnya komunikasi yang terjadi antar karyawan dan pimpinan. PT Pertamina Hulu Rokan tetap menorehkan prestasi yang gemilang seperti keberhasilan mencapai nilai Assurance 100%, Contractor of Health Environment and Safety Management (CHESM) Grade A serta Observasi terbanyak periode Januari-September 2023. Hal ini tidak luput dari keterbukaan, dukungan dan komunikasi yang baik antar karyawan dan pimpinan perusahaan. Dengan adanya komunikasi yang baik, lingkungan kerja akan menjadi supportive dan terarah. Hal ini akan mempengaruhi kemajuan perusahaan yang dinilai dari kinerja karyawannya. Berdasarkan hasil observasi, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang bentuk komunikasi yang terjadi di perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori pola komunikasi oleh De Vito yang memuat beberapa bentuk (pola) seperti pola bintang, pola roda, pola Y, pola rantai, dan pola lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi langsung. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan divisi operator PT Pertamina Hulu Rokan Duri. Teknik pengambilan sampel dengan purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terjadi di divisi operator PT Pertamina Hulu Rokan Duri berjalan dengan efektif, yaitu adanya keterbukaan antar karyawan tanpa pandang jabatan; empati dengan sesama karyawan dan saling menghargai tanpa kenal usia; supportive antar divisi dan saling membantu sesama, serta adanya kesetaraan dan hak yang sama pada masing-masing karyawan. Selain itu, pola komunikasi yang efektif terbagi menjadi tiga, yaitu polaberbentuk roda yang terjadi antar pimpinan perusahaan dengan seluruh anggota. Pola komunikasi berbentuk Y yang terjadi antar pimpinan dengan kepala divisidan kepala divisi dengan anggota divisinya. Pola komunikasi berbentuk bintang yang terjadi di antara pimpinan dengan seluruh karyawannya (karyawan mampu berinteraksi satu sama lain).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonalen_US
dc.subjectPola Komunikasien_US
dc.subjectPT Pertaminaen_US
dc.titlePola Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus Divisi Operator Perusahaan Pertamina Hulu Rokan Duri Tahun 2022)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321293


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record