dc.description.abstract | Penelitian ini adalah sebuah upaya dalam memahami kompleksitas manusia
dalam konteks akademik. Dengan fokus pada dimensi The Big Five Personality,
penelitian ini mencoba untuk mengungkap bagaimana karakteristik kepribadian
seseorang dapat mempengaruhi prestasi akademik mereka, melalui peran penting
motivasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini adalah sebuah studi yang menjelajahi
aspek-aspek yang mendasari kemampuan individu untuk mencapai keunggulan
akademik. Data diperoleh melalui kuesioner dari mahasiswa Fakultas Bisnis dan
Ekonomika Universitas Islam Indonesia yang memberikan pandangan berharga dalam
memahami dinamika ini. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation
Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS v4.0. Setelah melakukan penelitian
penulis berkesimpulan bahwa dari keseluruhan dimensi the big five personality, hanya
dimensi kepribadian extraversion, dan conscientiousness yang memberikan pengaruh
terhadap prestasi akademik. Selanjutnya, hanya kepribadian extraversion,
agreeableness, dan conscientiousness yang berpengaruh terhadap motivasi serta
dimensi kepribadian tersebut juga yang menunjukan bahwa motivasi dapat menjadi
variabel mediasi antara hubungan the big five personality dengan prestasi akademik.
Hasil dari studi ini dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang hubungan antara
kepribadian, motivasi, dan prestasi akademik. Penelitian ini adalah sumbangan
berharga dalam literatur ilmiah yang mencoba memahami lapisan kompleksitas
manusia dalam dunia pendidikan, dan membantu membuat kita lebih memahami
potensi serta batasan kita dalam mencapai kesuksesan akademik. | en_US |