Show simple item record

dc.contributor.authorFadhilah, Nadia Alya Nur
dc.date.accessioned2024-05-02T03:55:13Z
dc.date.available2024-05-02T03:55:13Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48825
dc.description.abstractPenelitian ini adalah sebuah upaya dalam memahami kompleksitas manusia dalam konteks akademik. Dengan fokus pada dimensi The Big Five Personality, penelitian ini mencoba untuk mengungkap bagaimana karakteristik kepribadian seseorang dapat mempengaruhi prestasi akademik mereka, melalui peran penting motivasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini adalah sebuah studi yang menjelajahi aspek-aspek yang mendasari kemampuan individu untuk mencapai keunggulan akademik. Data diperoleh melalui kuesioner dari mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia yang memberikan pandangan berharga dalam memahami dinamika ini. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS v4.0. Setelah melakukan penelitian penulis berkesimpulan bahwa dari keseluruhan dimensi the big five personality, hanya dimensi kepribadian extraversion, dan conscientiousness yang memberikan pengaruh terhadap prestasi akademik. Selanjutnya, hanya kepribadian extraversion, agreeableness, dan conscientiousness yang berpengaruh terhadap motivasi serta dimensi kepribadian tersebut juga yang menunjukan bahwa motivasi dapat menjadi variabel mediasi antara hubungan the big five personality dengan prestasi akademik. Hasil dari studi ini dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang hubungan antara kepribadian, motivasi, dan prestasi akademik. Penelitian ini adalah sumbangan berharga dalam literatur ilmiah yang mencoba memahami lapisan kompleksitas manusia dalam dunia pendidikan, dan membantu membuat kita lebih memahami potensi serta batasan kita dalam mencapai kesuksesan akademik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectThe Big Five Personalityen_US
dc.subjectPrestasi Akademiken_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.titlePengaruh The Big Five Personality Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: Motivasi Sebagai Mediatoren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19311310


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record