Kenyamanan Belanja Online yang Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Mendorong E-WOM
Abstract
Aktivitas belanja online di Indonesia berkembang pesat dalam lima tahun
terakhir. Kenyamanan dalam berbelanja online memainkan peranan yang sangat
penting dalam pemasaran hingga menjadi salah satu faktor utama mengapa orang-
orang mau berbelanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diantara
dimensi-dimensi kenyamanan belanja online (yaitu, akses (access), pencarian
(search), evaluasi (evaluation), transaksi (transaction), dan kepemilikan /
kenyamanan pasca pembelian (possession/post-purchase)), dimensi mana yang
paling berperan meningkatkan kepuasan pelanggan, niat perilaku, dan mendorong
E-WOM. Penelitian ini menggunakan 225 sampel yang diambil secara purposive
sampling dari pengguna aplikasi marketplace Shopee di Indonesia. Pengolahan
data dalam penelitian ini diolah menggunakan CFA (Confirmatory Factor
Analysis) dan SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat ujinya adalah
program AMOS 24. Ketujuh dimensi kenyamanan online berpengaruh secara
positif terhadap online. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa ketujuh dimensi
kenyamanan online berpengaruh positif secara signifikan tanpa selisih yang begitu
besar. Selanjutnya juga secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap
kepuasan pelanggan online, niat perilaku dan E-WOM.
Collections
- Management [4666]