Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen terhadap Produk PT Paragon Technology and Innovation
Abstract
Perkembangan pesat dalam dunia bisnis menimbulkan tantangan dan risiko bagi
para pelaku bisnis untuk tetap bersaing dan menjaga kelangsungan perusahaan.
Dalam upaya memenangkan persaingan, mempertahankan pangsa pasar, dan
merebut pasar yang sudah ada, perusahaan harus mampu mengadaptasi strategi
bisnisnya mengingat lingkungan yang senantiasa berubah. Produk atau jasa yang
memiliki kualitas tinggi memainkan peran kunci dalam membentuk kepuasan
konsumen. Semakin tinggi kualitas produk atau jasa yang diberikan, semakin tinggi
pula kepuasan konsumen, yang pada gilirannya memberikan keuntungan bagi
perusahaan. Salah satu elemen yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
adalah etika bisnis. Etika bisnis memberikan insentif kepada konsumen untuk
membentuk ikatan yang kuat dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen pada
produk PT Paragon Technology and Innovation. Pendekatan penelitian
menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 konsumen
yang pernah memakai produk PT Paragon Technology and Innovation. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah metode insidental sampling. Data
primer dalam penelitian ini adalah hasil jawaban responden. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan alat
analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh etika
bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen pada produk PT Paragon Technology
and Innovation.
Collections
- Management [4527]