Show simple item record

dc.contributor.authorKhairunisa, Nur Atiqah
dc.date.accessioned2024-03-26T03:53:22Z
dc.date.available2024-03-26T03:53:22Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48599
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan hampir seluruh pelaku bisnis terdampak negatifnya. Sebut saja bisnis media yang mengalami dampak dari pandemi Covid-19, di sisi media mengalami dampak positif sedangkan dari sisi bisnis ia mengalami dampak negative. Good News From Indonesia (GNFI) menjadi salah satu media online di Indonesia, yang sejak awal lahir secara online maka dalam kondisi pandemi yang mengharuskan semua harus serba online tidak mempengaruhi performanya. Hanya saja dari segi bisnis GNFI harus memutar cara agar strategi pemasaran yang dilakukannya bisa berhasil untuk menarik hati para klien untuk bekerjasama baik dalam hal pengiklanan, event, maupun publisitas. Penelitian ini berlandaskan teori-teori yang berikatan dengan strategi pemasaran seperti teori segmentation, targeting, & positioning, manajemen pemasaran, bauran promosi, dan periklanan. Informan dalam penelitian ini adalah Founder GNFI, Chief Executive Office, Senior Partnership, Digital Communication Services Manager, Human Resources Specialist, Social Media & Partnership Officer, dan Creative Director. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya strategi yang dilakukan GNFI dalam menarik pengiklan untuk bergabung pada GNFI dengan beberapa cara diantaranya adalah advertising yang menggunakan pop-up advertising dan native advertising yang biasanya GNFI pasang pada website GNFI maupun media sosial GNFI, selanjutnya dalam hal sales promotion GNFI senderung memberikan diskon dalam bentuk potongan harga kepada calon klien, sedangkan untuk kegiatan direct marketingnya GNFI lebih memilih preferensi penggunakan email untuk mengirimkan informasi terkait proposal penawaran, Adapun untuk kegiatan promosi dengan personal selling tim pemasaran GNFI akan menghubungi lebih secara personal melalui whatsapp pada klien yang sudah memiliki rencana bekerjasama dengan GNFI. Selain dari penjabaran bauran promosi apa saja yang digunakan GNFI selama pandemi hasil penelitian ini pun menemukan faktor pendorong strategi pemasaran GNFI secara internal yakni dengan menambah jumlah sumber daya manusia, sedangkan faktor eksternalnya sendiri berasal dari komunitas atau masyarakat. Sedangkan faktor penghambat proses penerapan strategi pemasaran GNFI yaitu secara internal adalah kurangnya kemampuan tim divisi pemasaran, sedangkan faktor penghambat eksternal adalah perubahan situasi pandemi. Lima analisis SWOT yang menjadi kekuatan utama GNFI adalah sumber daya manusia yang dimiliki GNFI, sedangkan Kelemahan GNFI adalah kurangnya koordinasi, Peluang GNFI adalah adanya anak perusahaan berupa Asia dan Goodside, dan Ancaman GNFI adalah tidak adanya produk yang pasti untuk ditawarkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectGNFIen_US
dc.subjectPandemien_US
dc.titleStrategi Pemasaran Tim Good News From Indonesia (GNFI) di Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321250


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record