Strategi Pemasaran Tim Good News From Indonesia (GNFI) di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan hampir seluruh
pelaku bisnis terdampak negatifnya. Sebut saja bisnis media yang mengalami dampak dari
pandemi Covid-19, di sisi media mengalami dampak positif sedangkan dari sisi bisnis ia
mengalami dampak negative. Good News From Indonesia (GNFI) menjadi salah satu media
online di Indonesia, yang sejak awal lahir secara online maka dalam kondisi pandemi yang
mengharuskan semua harus serba online tidak mempengaruhi performanya. Hanya saja dari
segi bisnis GNFI harus memutar cara agar strategi pemasaran yang dilakukannya bisa berhasil
untuk menarik hati para klien untuk bekerjasama baik dalam hal pengiklanan, event, maupun
publisitas. Penelitian ini berlandaskan teori-teori yang berikatan dengan strategi pemasaran
seperti teori segmentation, targeting, & positioning, manajemen pemasaran, bauran promosi,
dan periklanan. Informan dalam penelitian ini adalah Founder GNFI, Chief Executive Office,
Senior Partnership, Digital Communication Services Manager, Human Resources Specialist,
Social Media & Partnership Officer, dan Creative Director. Hasil dari penelitian ini adalah
ditemukannya strategi yang dilakukan GNFI dalam menarik pengiklan untuk bergabung pada
GNFI dengan beberapa cara diantaranya adalah advertising yang menggunakan pop-up
advertising dan native advertising yang biasanya GNFI pasang pada website GNFI maupun
media sosial GNFI, selanjutnya dalam hal sales promotion GNFI senderung memberikan diskon
dalam bentuk potongan harga kepada calon klien, sedangkan untuk kegiatan direct
marketingnya GNFI lebih memilih preferensi penggunakan email untuk mengirimkan informasi
terkait proposal penawaran, Adapun untuk kegiatan promosi dengan personal selling tim
pemasaran GNFI akan menghubungi lebih secara personal melalui whatsapp pada klien yang
sudah memiliki rencana bekerjasama dengan GNFI. Selain dari penjabaran bauran promosi apa
saja yang digunakan GNFI selama pandemi hasil penelitian ini pun menemukan faktor
pendorong strategi pemasaran GNFI secara internal yakni dengan menambah jumlah sumber
daya manusia, sedangkan faktor eksternalnya sendiri berasal dari komunitas atau masyarakat.
Sedangkan faktor penghambat proses penerapan strategi pemasaran GNFI yaitu secara internal
adalah kurangnya kemampuan tim divisi pemasaran, sedangkan faktor penghambat eksternal
adalah perubahan situasi pandemi. Lima analisis SWOT yang menjadi kekuatan utama GNFI
adalah sumber daya manusia yang dimiliki GNFI, sedangkan Kelemahan GNFI adalah
kurangnya koordinasi, Peluang GNFI adalah adanya anak perusahaan berupa Asia dan
Goodside, dan Ancaman GNFI adalah tidak adanya produk yang pasti untuk ditawarkan.
Collections
- Communication [943]