Analisis Hubungan Antara Technology Acceptance Model, User Satisfaction, User Trust Dan Mobile Banking Adoption Intention Pada Pengguna BNI Mobile Banking
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara techonology acceptance model
(TAM) yang terdiri dari perceived usefulness, perceived ease of use, perceived
security dengan user trust, user satisfaction dan niat untuk tetap mengadopsi
menggunakan layanan mobile banking pada pengguna layanan BNI Mobile
Banking. Sampel penelitian melibatkan pengguna layanan BNI Mobile Banking di
Kabupaten Kudus, data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada
200 responden secara offline di Bank Nasional Indonesia (BNI) cabang Kudus.
Kemudian, analisis data menggunakan metode Sturcture Equation Modelling
(SEM) dengan software Excel dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use berdampak positif dan
signifikan terhadap niat adopsi mobile banking pada pengguna layanan BNI Mobile
Banking. Sebaliknya, perceived security tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap niat adopsi mobile banking. User satisfaction dan user trust juga memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap niat adopsi mobile banking. Meskipun
persepsi kemudahan penggunaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan pengguna dan kepercayaan pengguna, temuan ini memberikan pandangan
yang penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi adopsi dan
kepuasan pengguna dalam layanan BNI Mobile Banking.
Collections
- Master of Management [408]