Peran Customer Relation PT Mega Andalan Kalasan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen
Abstract
Keberhasilan dalam proses bisnis semata-mata tidak ditentukan oleh produk
yang berkualitas, tetapi juga ditentukan pelayanan kepada konsumen.
Pelayanan kepada kosumen merupakan tentang membangun hubungan
dengan konsumen. Kualitas pelayanan didasarkan pada perbandingan dari
tingkat pelayanan yang diberikan dengan harapan konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peran customer relation serta faktor-faktor
pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada
konsumen di PT Mega Andalan Kalasan. Pengamatan dilakukan pada
pelaksanaan tugas akhir magang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif yang bersifat deskriptif berdasarkan data-data yang diperoleh.
Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sekunder yang
dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan
kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan
peran customer relation dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada
konsumen sudah dikategorikan baik dengan diukurnya kualitas pelayanan.
Faktor-faktor yang menentukan kualitas pelayanan kepada konsumen ada 5
dimensi diantaranya reliability, assurance, tangibles, empathy, dan
responsiveness. Dalam pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan, terdapat
faktor pendukung dan penghambat yang terjadi di PT Mega Andalan Kalasan.
Collections
- Management [4527]