Analisis Kualitas Pelayanan Perizinan Berdasarkan Metode Servqual pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Karimun
Abstract
Laporan magang ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui
bagaimana kualitas pelayanan pada DPMPTSP Kabupaten Karimun. Penelitian ini
merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Laporan ini menggunakan lima
dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan,
dan empati. Data primer yang diperoleh pada penelitian ini didapat dari hasil
wawancara dan observasi dari lokasi penelitian. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah metode servqual pada lima dimensi yaitu: bukti fisik,
kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Pada hasil laporan menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan perizinan di DPMPTSP Kabupaten Karimun cukup
baik. Hal tersebut terbukti dari hasil wawancara dan obsevasi yang menyatakan
bukti fisik (persyaratan dan sarana prasarana), kehandalan (Sistem, mekanisme
dan prosedur serta kompetensi pelaksana), ketanggapan (waktu penyelesaian dan
penanganan pengaduan, saran dan masukan), jaminan (biaya/tarif dan produk
spesifikasi jenis pelayanan), dan empati (perilaku Pelaksana) menjadi faktor
penting sehingga berpengaruh positif dan memuaskan bagi pelanggan yang
menggunakan jasa pelayanan di instansi ini.
Collections
- Management [4527]