Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku
konsumtif pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Universitas Islam Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability
sampling dengan kriteria mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Indonesia
yang telah menempuh mata kuliah manajemen keuangan sehingga diperoleh sampel sebanyak
180 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer
yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner dan diolah menggunakan metode
analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
negatif signifikan pada variabel investasi dan manajemen risiko terhadap perilaku konsumtif.
Sementara itu, tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel pengetahuan dasar
keuangan prbadi dan tabungan terhadap perilaku konsumtif.
Collections
- Management [4527]