Pengaruh Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Dalam Live Streaming Shopping
Abstract
Berdasarkan teori stimulus-organisme-respons, penelitian ini bertujuan untuk
menyusun dampak faktor-faktor lingkungan saat berbelanja live streaming terhadap
situasi psikologis konsumen. Penelitian ini kemudian mengembangkan suatu model
untuk memahami niat pembelian impulsif. Dalam rangka pelaksanaan penelitian,
kami menggunakan metode survei berbasis kuesioner online untuk mengumpulkan
data dari pengguna yang berpartisipasi dalam belanja melalui siaran langsung, dan
berhasil mengumpulkan 210 kuesioner yang valid. Data empiris yang terkumpul
dievaluasi serta hipotesis diuji menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS.
Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti kenyamanan,
interaktivitas, dan keceriaan memiliki dampak positif dalam merangsang persepsi
kenikmatan konsumen. Kenikmatan secara langsung mempengaruhi niat mereka
untuk melakukan pembelian impulsif. Hasil penelitian ini memiliki potensi untuk
menjadi sumber referensi bagi perkembangan belanja melalui siaran langsung serta
memberikan wawasan kepada industri tentang faktor-faktor utama yang
memengaruhi pengguna siaran langsung dan pembelian impulsif. Informasi ini
dapat digunakan untuk merencanakan platform dan konten siaran langsung yang
lebih efektif.
Collections
- Management [4552]