Pengaruh Dimensi Kredibilitas Influencer: Attractiveness, Trustworthiness dan Expertise Terhadap Niat Membeli Pada Produk "Safi-Skincare"
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dimensi
kredibilitas (daya tarik, kepercayaan dan keahlian) influencer terhadap niat untuk
membeli pada produk “Safi-Skincare”. Jenis data yang digunakan adalah data
primer, yang merujuk pada informasi yang diperoleh secara langsung dari subjek
penelitian melalui alat pengukuran atau metode pengambilan data. Dalam
penelitian ini, kami mendapatkan data dengan mengedarkan kuesioner kepada 250
responden berusia 16 hingga 35 tahun, dan selanjutnya data ini dianalisis
menggunakan perangkat lunak Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan
signifikan antara dimensi kredibilitas (daya tarik dan keahlian) seorang influencer
terhadap niat beli, kecuali dimensi kepercayaan pada kredibilitas influencer.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dimensi kredibilitas (daya tarik,
kepercayaan dan keahlian) seorang influencer terhadap keterlibatan pelanggan
online. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterlibatan pelanggan
online terhadap niat beli. Penelitian ini memiliki potensi untuk diperluas guna
menghadirkan variasi yang lebih besar dan meningkatkan validitas teori yang telah
ada. Hal ini dapat dicapai melalui pengembangan objek penelitian, peningkatan
jumlah responden, penelitian lebih mendalam pada berbagai aspek dimensi
kredibilitas influencer, serta penelitian yang lebih rinci mengenai pengaruh
kredibilitas influencer
Collections
- Management [4552]