Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Online Instagram Bloomery Patisserie Yogyakarta di Tahun 2022
Abstract
Pandemi Covid-19 dan segala regulasinya berdampak besar bagi para pembisnis, namun
Bloomery Patisserie lahir dan berapdatasi di tengah Pandemi Covid 19. Strategi
komunikasi pemasaran Digital melalui pemanfaatan Instagram merupakan solusi yang
tepat di tengah krisis yang terjadi. Bloomery Patisserie sebagai objek penelitian dipilih
karena keberhasilannya dalam mengembangkan bisnis dengan strategi komunikasi
peasaran melalui Instagram. Sehingga dalam dua tahun terakhir berhasil mengembangkan
6 cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jakarta, dengan pengikut Instagram sebanyak
80.000 dalam 2 tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta
menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Bloomery melalui media
online Instagram di tahun 2022. Teori yang menjadi panduan dasar penelitian ini
berdasarkan teori strategi komunikasi pemasaran menurut (Arifin, 1994). Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara narasumber, dokumentasi, serta observasi. Hasil dari penelitian ini, bahwa
sebelum menyusun startegi komunikasi pemasaran, Bloomery Patisserie terlebih dahulu
menyusun Segmentasi, Targeting, serta Positioning kemudian dilanjutkan dengan
penyusunan Bauran Pemasaran. Setelah kedua tahap selesai, Bloomery Patisserie
kemudian menyusun strategi Komunikasi Pemasarannya melalui Instragram pada akun
@Bloomerypatisserie. penyusunan strategi Bloomery Patisserie meliputi branding social
media, mengenal khalayak atau audience Instagram, merancang penyusunan pesan atau
konten, dan menetapkan metode serta memilih media yang digunakan.
Collections
- Communication [943]