Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Nawazena Pictures dalam Membangun Loyalitas Pelanggan
Abstract
Persaingan usaha di bidang industri kreatif membutuhkan inovasi simultan
agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada konsumennya sekaligus
meningkatkan loyalitas pelanggannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan
strategi komunikasi pemasaran terpadu pada PT Nawazena Pictures, salah satu
perusahaan yang bergerak di bidang videografi dan fotografi di Kota Tangerang,
Banten. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan kualitatif lapangan dengan
teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung, wawancara mendalam, dan
studi dokumen. Informan yang terlibat berjumlah delapan, mencakup lima informan
internal dan tiga informan eksternal. Analisis penelitian dilangsungkan secara
interaktif berdasarkan tahapan reduksi, penyajian, penelaahan, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran
terpadu PT Nawazean Pictures dilakukan melalui integrasi elemen-elemen promosi
yang mencakup unsur: (1) Interactive Marketing (2) Word of Mouth Marketing (3)
Sales Promotion (4) Personal Selling dan (5) Public Relations and Publicity. Dari
perspektif manajemen strategik, hasil penelitian menemukan dilaksanakannya
tahapan-tahapan komunikasi pemasaran terpadu yang mencakup aspek perencanaan,
pelaksanaan dan pengawasan hingga evaluasi. Sebagai tambahan analisis ditemukan
beberapa peluang dan hambatan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut.
Berdasarkan perspektif SWOT, terdapat nilai peluang yang terdiri atas aspek
Segmentasi pasar yang luas sedangkan hambatan terbesar berada pada aspek
minimnya dana yang di keluarkan.
Collections
- Communication [990]