Analisis Implementasi Komunikasi Pemasaran Artotel Gajahmada Semarang
Abstract
Industri perhotelan telah mengalami perubahan cukup drastis sejak kemunculan virus
covid-19. berbagai dampak signifikan dirasakan dimana menurunnya kunjungan
wisatawan serta reservasi dan pendapatan hotel. Hal ini kemudian diperlukan sebuah
inovasi pada strategi komunikasi pemasaran bagi hotel. Seperti fenomena menarik yang
ditemukan oleh peneliti yaitu strategi komunikasi pemasaran oleh Artotel Gajahmada
Semarang yang bertemakan seni. Pemilihan Artotel Gajahmada Semarang adalah didasari
oleh penerimaan penghargaan Indonesia Leading Lifestyle Hotel Semarang dari ajang
ITTA (Indonesia Travel and Tourism Award) 2021/2022.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui komunikasi pemasaran yang
dilakukan Artotel Gajahmada Semarang. Untuk mengetahui data yang didapat dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif melalui data primer dan sekunder
dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara secara
mendalam agar dapat menjawab rumusan masalah penelitian.
Hasil penelitian menunjukan komunikasi pemasaran Artotel Gajahmada Semarang
meliputi tahapan STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), tingkatan kesadaran brand
hotel, strategi brand dalam bauran pemasaran 7P, pengembangan aktivitas komunikasi
hotel serta langkah-langkah penyusunan komunikasi pemasaran melalui manajemen
special event pameran karya seni.
Collections
- Communication [949]