Show simple item record

dc.contributor.authorRahayu, Winesti
dc.date.accessioned2024-03-08T06:09:43Z
dc.date.available2024-03-08T06:09:43Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48144
dc.description.abstractPermasalahan sampah di Indonesia sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang perlu di perhatikan karena memiliki dampak negatif untuk lingkungan sekitar dan juga makhluk hidup yang ada di bumi. Fenomena darurat sampah yang terjadi di Yogyakarta merupakan adanya tumpukan sampah di beberapa jalan, sehingga timbulnya keresahan warga akibat bau yang muncul dari tumpukan sampah tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini, tidak hanya pemerintah, instansi dan industri yang turut serta menjaga lingkungan, namun kita sebagai masyarakat juga harus ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitar dengan cara mengubah pola hidup dan pola pikir, terhadap sampah. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah dengan objek penelitian yaitu Project B Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data secara observasi, studi dokumen dan wawancara mendalam. Pada penelitian ini, data didapatkan dari hasil wawancara dengan tujuh informan yaitu dua informan dari Project B Indonesia, tiga informan pendonasi sampah dan juga dua informan dari pembeli produk hasil daur ulang Project B Indoenesia yang didukung oleh hasil data observasi dan studi dokumen. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Project B Indonesia untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pengelolaan daur ulang sampah mengaplikasikan elemen-elemen komunikasi Harold D. Lasswell. Project B Indonesia ini menggunakan platform digital Instagram sebagai pelaksanaan strategi komunikasi untuk memposting konten-konten edukasi pengelolaan daur ulang sampah, selain itu juga Project B Indonesia melaksanakan webinar terkait pengelolaan daur ulang sampah dengan menggunakan digital platform zoom dan youtube sebagai media pelaksanaannya webinar.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKampanyeen_US
dc.subjectKampanye Sosialen_US
dc.subjectPengelolaan Sampahen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectKomunikasi Lingkunganen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Project B Indonesia dalam membangun Kesadaran Masyarakat Terkait Pengelolaan Sampahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18321198


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record