Strategi Komunikasi Project B Indonesia dalam membangun Kesadaran Masyarakat Terkait Pengelolaan Sampah
Abstract
Permasalahan sampah di Indonesia sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang
perlu di perhatikan karena memiliki dampak negatif untuk lingkungan sekitar dan juga
makhluk hidup yang ada di bumi. Fenomena darurat sampah yang terjadi di Yogyakarta
merupakan adanya tumpukan sampah di beberapa jalan, sehingga timbulnya keresahan
warga akibat bau yang muncul dari tumpukan sampah tersebut. Untuk mengatasi
permasalahan ini, tidak hanya pemerintah, instansi dan industri yang turut serta menjaga
lingkungan, namun kita sebagai masyarakat juga harus ikut serta dalam menjaga lingkungan
sekitar dengan cara mengubah pola hidup dan pola pikir, terhadap sampah. Peneltian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi untuk membangun kesadaran
masyarakat terkait pengelolaan sampah dengan objek penelitian yaitu Project B Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan
data secara observasi, studi dokumen dan wawancara mendalam. Pada penelitian ini, data
didapatkan dari hasil wawancara dengan tujuh informan yaitu dua informan dari Project B
Indonesia, tiga informan pendonasi sampah dan juga dua informan dari pembeli produk hasil
daur ulang Project B Indoenesia yang didukung oleh hasil data observasi dan studi dokumen.
Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Project
B Indonesia untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pengelolaan daur ulang
sampah mengaplikasikan elemen-elemen komunikasi Harold D. Lasswell. Project B
Indonesia ini menggunakan platform digital Instagram sebagai pelaksanaan strategi
komunikasi untuk memposting konten-konten edukasi pengelolaan daur ulang sampah,
selain itu juga Project B Indonesia melaksanakan webinar terkait pengelolaan daur ulang
sampah dengan menggunakan digital platform zoom dan youtube sebagai media
pelaksanaannya webinar.
Collections
- Communication [943]