Show simple item record

dc.contributor.authorSyahputri, Rissa Dwi Indah
dc.date.accessioned2024-03-08T06:06:34Z
dc.date.available2024-03-08T06:06:34Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48143
dc.description.abstractLonjakan kasus covid-19 yang terus meningkat kemudian pemerintah mencoba menetapkan kebijakan baru yaitu Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai upaya menekan angka Covid-19. PPKM Darurat ini pembatasan lebih ketat salah satunya penutupan destinasi wisata yang di mulai dari 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Tentunya kebijakan ini kembali akan berdampak pada sektor pariwisata dan pelaku yang berada di sektor pariwisata harus kembali terpukul akan hal tersebut. Munculnya krisis baru ini dapat dilihat bahwa perlu adanya komunikasi publik yang dilakukan Kemenparekraf melalui platform digitalnya yaitu, website Pedulicovid19.kemenparekraf.go.id. Tujuannya untuk menghindari krisis yang terjadi menjadi lebih besar. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana kemenparekraf mengambil keputusan atau mencari cara agar sektor pariwisata tetap dapat bertahan di tengah PPKM Darurat tersebut, dengan menganalisis dari press release yang dikeluarkan Kemenparekraf melalui websitenya yaitu Pedulicovid19.kemenparekraf.go.id. Penelitian menggunakan metode kualitatif. penelitiannya bersifat deskriptif, karena penelitian ini menggunakan analisis teks dengan memperoleh data press release yang dikeluarkan oleh Kemenparekraf melalui websitenya, menganalisis dengan metode analisis framing. Hasil penelitian tiap press release Kemenparekraf banyak memperlihatkan langkah atau upaya dalam menangani krisis lanjutan, diantaranya adalah pemberian dana hibah kepada pihak yang berada di sektor pariwisata yang terkena dampak covid-19 di masa PPKM Darurat dan ikut membantu percepatan vaksinasi dengan menyediakan fasilitas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKomunikasi Krisisen_US
dc.subjectPress Releaseen_US
dc.subjectFramingen_US
dc.subjectPariwisataen_US
dc.titleAnalisis Komunikasi Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Masa PPKM Darurat (Analisis Framing melalui Website Resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pedulicovid19.kemenparekraf.go.id)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18321006


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record