Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Digital Marketing, Public Relations Terhadap Minat Kunjung The Allabun Daerah Istimewa Yogyakarta (Analisis Structural Equation Modelling Part Least Square)
Abstract
Media sosial menjadi salah satu wadah bagi kegiatan ekonomi, salah satunya adalah
Instagram. The Allabun merupakan salah satu objek wisata keluarga yang menerapkan
pemasaran melalui media sosial Instagram. Hal tersebut dapat disebut dengan Electronic
Word-of-mouth (EWOM). Penelitian ini menggunakan teori model komunikasi AISAS
(Attention – Interest – Search – Action – Share). Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan GoogleFrom dan disebar secara online. Penelitian ini dilakukan pada 100
responden dengan menggunakan teknik non probability dengan spesifikasi jenis teknik
purposive sampling dan accidental sampling. Uji validitas dan uji reabilitas pada penelitian
ini menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS 3.2.9 for MAC. Hasil yang didapatkan pada
penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang dihasilkan oleh EWOM (X1), Digital
Marketing (X2), Public Relations (X3), terhadap Minat Kunjung (Y) sebanyak 75%
sedangkan 25% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Melalui hasil uji t-statistics yang
dilakukan, EWOM (X1), Digital Marketing (X2) dan Public Relation (X3) berpengaruh
parsial secara positif dan signifikan terhadap variabel minat kunjung.
Collections
- Communication [949]