Penanaman Nilai-nilai Aqidah Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi Bantul Yogyakarta
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan
strategi khusus yang digunakan dalam mendidik konsep agama terhadap anak
tunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi, mengetahui peran para pembimbing dan
pengurus serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembina dan
pengurus dalam membina penanaman nilai-nilai aqidah agama.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dalam
proses memperoleh informasi mengenai peran pembina dan pengurus dalam
Penanaman Nilai-Nilai Aqidah Agama Islam di Panti Asuhan Bina Siwi. Penelitian
ini dilakukan pada tanggal 1 Juni 2023 bersama 4 partisipan yang berperan sebagai
pengurus dan pembina Panti Asuhan. Dari hasil observasi, dengan kegiatan
penanaman nilai-nilai aqidah agama seperti pemahaman, pelaksanaan shalat,
mengaji, hingga sikap dan moral adalah proses membentuk identitas agama para
tunagrahita. Penelitian ini juga memaparkan bagaimana pihak panti asuhan
mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai aqidah kepada tunagrahita yang memiliki
disabilitas dalam segi intelektual dan kognitif yang berada dibawah rata-rata.
Penelitian ini kemudian menekankan peran pembina dan pengurus panti asuhan
dalam membimbing dan mengajarkan nilai-nilai aqidah agama terhadap
tunagrahita.
Hasil penelitian ini bahwa Panti Asuhan Bina Siwi menanamkan nilai-nilai
agama Islam dengan metode pembiasaan melalui praktik ibadah seperti sholat
dhuha dan sholat wajib lima waktu berjamaah, belajar mengaji, dan doa dengan
cara memanfaatkan media audio-visual. Selain itu, mereka juga mengajarkan nilai-
nilai akhlak seperti perilaku sopan, tutur kata yang baik, dan kerjasama. Disiplin,
kejujuran, dan perilaku yang baik juga ditanamkan sebagai bagian dari aqidah
Islam. Pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita di Panti Asuhan Bina Siwi
lebih fokus pada praktik langsung, dengan penggunaan benda konkret karena anak
tunagrahita memiliki keterbatasan dalam memahami konsep teoritis. Tujuannya
adalah agar mereka dapat menerapkan ajaran Islam dan memiliki pemahaman yang
baik tentang nilai-nilai dasar aqidah Islam.
Collections
- Islamic Education [863]