Show simple item record

dc.contributor.authorRIDWAN, YURDHIKA ANNA
dc.date.accessioned2024-03-04T07:51:00Z
dc.date.available2024-03-04T07:51:00Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47944
dc.description.abstractRidwan, Yurdhika Anna. 1832116 (2023). Perilaku fanatisme Dan Konsumerisme Player Game Mobile Legends Di Komunitas Mlbb Yogyakarta. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Mobile Legends merupakan salah satu game online. Jenis game ini adalah Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) yang dibuat agar dapat digunakan di smarthphone maupun tablet Mobile. Seperti dalam program android, windows phone dan Apple IOS. Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) menghubungkan seluruh gamers di dunia, mereka dihadapi tantangan untuk bertempur, membunuh, dan mendapat poin memperebutkan posisi kenaikan level game. Player Mobile Legends selalu mendapatkan penawaran skin baru ketika update server setiap tiga bulan sekali oleh sistem Moonton. Harga yang ditawarkan beragam dengan berbagai klasifikasi skin yang dapat dibeli dengan alat transaksi di aplikasi Mobile Legends berupa diamond, fragment dan M tiket. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana perilaku fanatisme dan konsumtif yang terjadi pada pemain game online Mobile Legends dengan subjek para anggota komunitas MLBB Yogyakarta dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Objek penelitian ini adalah player Mobile Legends yang berada di komunitas MLBB Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan data primer dari postingan akun komunitas dalam platform facebook MLBB Yogyakarta, wawancara mendalam, observasi partisipasi dengan cara main bareng, dan data sekunder dari buku, jurnal, internet, maupun penelitian terdahulu yang memiliki keterkaitan dengan penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukan adanya perilaku fanatisme dan konsumerisme pada player game online Mobile Legends. Pemain menghabiskan banyak waktu hingga tenaga dan meninggalkan aktivitas sosial dalam waktu yang cukup lama. Menghabiskan banyak uang untuk membeli atribut Mobile Legends berupa skin untuk memuaskan hasrat pribadi dan mencari sanjungan dari player lain. Sikap yang terbentuk ketika mendapatkan tim publik secara acak dalam pertandingan akan memicu sikap player dalam berkomunikasi, jika mendapatkan teman satu tim yang kurang baik saat meningkatkan poin rank akan membuat player berkata kasar dan memberi makian hingga membuat player dalam berkata tidak terkontrol.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGame Onlineen_US
dc.subjectPlayer Mobile Legendsen_US
dc.subjectFanatismeen_US
dc.subjectKonsumerismeen_US
dc.titlePerilaku Fanatisme dan Konsumerisme Player Game Mobile Legends di Komunitas MLBB Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18321166


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record