Peran Mediasi Kredibilitas Influencer Pada Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Pembelian Online Impulsif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara perilaku pembelian
impulsif, kredibilitas sumber informasi, dan persepsi pengaruh pemasaran media sosial
terhadap perilaku konsumen yang dialami melalui pemasaran influencer di Instagram, dengan
fokus pada Tasya Farasya sebagai Influencer Instagram. Dalam penelitian ini, populasi yang
digunakan adalah masyarakat di seluruh Indonesia yang berusia 17-40 tahun. Jumlah sampel
323 responden dengan kriteria pengguna aktif media sosial Instagram dan mengikuti akun
influencer Tasya Farasya. Data penelitian diperoleh menggunakan kuesioner yang dibagikan
secara online melalui Google Forms. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation
Model (SEM) pada software AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan kredibilitas influencer
memediasi hubungan antara aktivitas pemasaran media sosial yang dirasakan dan pembelian
impulsif online melalui daya tarik, keahlian, dan kepercayaan. Adapun aktivitas pemasaran
media sosial yang dirasakan influencer Instagram memiliki pengaruh positif terhadap seluruh
dimensi kredibilitas sumber. Hanya daya tarik dan kepercayaan yang membuktikan adanya
pengaruh positif terhadap pembelian impulsif online. Meskipun begitu, keahlian influencer
tidak terbukti dapat mempengaruhi perilaku pembelian impulsif.
Collections
- Management [4527]