Show simple item record

dc.contributor.authorGUMANTI, RETNA
dc.date.accessioned2024-02-21T01:18:18Z
dc.date.available2024-02-21T01:18:18Z
dc.date.issued2023-06-27
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/47583
dc.description.abstractPraktek kontrak konsumen di Indonesia terlihat tidak memberikan keadilan dan kemanfaatan bagi pihak konsumen, dikarenakan penggunaan asas kebabasan berkontrak yang tidak diimbangi dengan kultur masyarakat Indonesia yaitu Gotong Royong. Penelitian ini akan menganalisa tentang Bagaimana penjabaran Asas Gotong royong dalam Kontrak Konsumen di Indonesia, Apakah kontrak-kontrak konsumen di Indonesia sudah sesuai dengan Asas Gotong royong dan Bagaimana reformulasi Kontrak Konsumen berbasis Asas Gotong royong. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, dimana peneliti mengkaji beberapa peraturan dan asas yang digunakan dalam praktek kontrak konsumen di Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Kontrak klasik, Ajaran Gotong Royong dalam hukum adat di Indonesia, dan Teori Maslahah wa mursalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan historis, konseptual dan pendekatan filsafat. Analisa yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Penelitian ini menemukan asas gotong royong dapat digunakan sebagai salah satu asas yang dijadikan sebagai perimbangan dalam pembuatan kontrak konsumen di Indonesia. Adanya ketidaksesuaian praktek kontrak konsumen dengan kebiasaan masyarakat Indonesia (gotong royong) karena ditemukan bahwa praktek kontrak konsumen masih berdasarkan kepada asas kebebasan berkontrak. Asas gotong royong perlu dimasukan sebagai salah satu asas dalam kontrak konsumen selain asas kebebasan berkontrak, asas konsensualisme, asas facta Sunt Servanda, Asas Keseimbangan, Asas Proporsionalitas dan asas lainnya dalam kontrak, hal ini dapat digambarkan dalam penyertaan asas gotong royong dalam prakontrak, kontrak dan pelaksanaan pada kontrak konsumen.en_US
dc.publisherProgram Studi Hukum Program Doktor Fakultas Hukum UIIen_US
dc.subjectReformulasien_US
dc.subjectKontrak Konsumenen_US
dc.subjectAsas Gotong Royongen_US
dc.subjectReformulationen_US
dc.subjectConsumer Contractsen_US
dc.subjectMutual Cooperation Principleen_US
dc.titleREFORMULASI KONTRAK KONSUMEN BERBASIS ASAS GOTONG ROYONGen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record