Efek Kompetitif Merger Bank Syariah Indonesia terhadap Penyaluran Pembiayaan Umkm dan Non-UMKM
Abstract
Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan gabungan dari tiga bank syariah anak perusahaan
BUMN yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah, dan Bank
Rakyat Indonesia Syariah (BRIS). Merger ketiga bank tersebut diharapkan dapat
memberikan manfaat khususnya untuk masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.
Selain itu juga dapat menaikkan nilai perusahaan dengan bertambahnya keuntungan baik
melalui penghimpunan dana maupun penyaluran pembiayaan.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji efek kompetitif merger Bank Syariah Indonesia
terhadap penyaluran pembiayaan umkm, non-umkm, total pembiayaan. Kinerja bank yang
akan diuji terdiri dari market share, net trade cycle (NTC), investment, interest expense, dan
return on asset (ROA) pada pre dan post merger di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini
menggunakan 53 data, 5 data bank setelah merger dan 48 data bank sebelum merger untuk
menguji hipotesis apakah ada pengaruh dari market share, NTC, investment, ROA terhadap
pembiayaan umkm, pembiayaan non umkm, serta total pembiayaan. Hasil penelitian
menunjukkan variabel investment berpengaruh terhadap pembiayaan umkm, non umkm,
total pembiayaan sedangkan variabel market share, NTC, interest expense, dan ROA tidak
berpengaruh terhadap pembiayaan umkm, non umkm, dan total pembiayaan.
Collections
- Management [4548]