dc.description.abstract | BTN Kantor Cabang Cilegon adalah sebuah Bank yang menyediakan
produk KPR yang sangat diminati masyarakat, khususnya mereka yang belum
memiliki rumah tinggal sendiri. Akan tetapi, seiring waktu berjalan tidak sedikit
berbagai bank lainnya yang menyediakan produk KPR, oleh karena itu BTN Kantor
Cabang Cilegon dituntut untuk lebih menyiapkan strategi pemasaran yang lebih
matang. Berbagai straetgi yang lebih unggul dibutuhkan dalam melakukan
pemasaran dan kembali menjual produk KPR tersebut.
Permasalahan yang diangkat penulis pada konteks penelitian ini yaitu
mengenai bagaimana strategi pemasaran produk KPR BTN ditinjau dari Analisis
SWOT. Pelaksanaan penelitian ini yaitu pada PT. Bank Tabungan Negara (BTN)
Kantor Cabang Cilegon dan memanfaatkan metode penelitian kualitatif, yakni
dengan penulis menggambarkan masalah yang dilandasi oleh berbagai data yang
ada untuk selanjutnya dilakukan analisis untuk disimpulkan.
Mengacu hasil dari pelaksanaan penelitian ini, pemasaran produk KPR oleh
Bank BTN Kantor Cabang Cilegon yaitu mempergunakan strategi analisis yang
digabungkan dua faktor eksternal dan internal yakni ke dalam Matrix SWOT:
Strategi SO, berupa Menjalin komunikasi dengan developer dan calon nasabah
dengan baik. Strategi ST, yaitu menemukan marketing yang tepat dan baik guna
mempromosikan produk KPR Sejahtera dibanding marketing bank lainnya. Strategi
WO, yaitu mempromosikan pada khalayak luas dengan mempergunakan
keunggulan sebagai bank penyalur KPR yang paling besar dalam pembiayaan KPR.
Strategi WT, yaitu memberi pemahaman baik pada calon nasabah serta memberikan
marketing dalam memasarkan produk KPR secara lebih menarik dan unggul. | en_US |