Show simple item record

dc.contributor.authorWega, Nobel Rafly Ihza Samodra
dc.date.accessioned2024-01-23T04:02:43Z
dc.date.available2024-01-23T04:02:43Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46897
dc.description.abstractPada awal bulan Maret 2020 kota Surakarta telah dinyatakan sebagai kejadian luar biasa karena terserang wabah Covid-19. Adanya pandemi mengakibatkan keresahan ditengah masyarakat, tentunya masyarakat perlu adanya informasi yang pasti serta kebijakan yang dibuat pemerintah sehingga tidak menimbulkan kerancuan didalam masyarakat. Maka dari itu Public Relations Diskominfo kota Surakarta menggunakan media sosial untuk sosialisasi penanganan Covid-19 di kota Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi digital Public Relations Diskominfo kota Surakarta dalam menyampaikan pengendalian Covid-19 lewat media sosial serta mengetahui hambatan Public Relations. Peneliti menggunakan teori digital Public Relations, serta teori pendukung lainya seperti government Public Relations dan komunikasi krisis Public Relations. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivisme menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada Public Relations Diskominfo kota Surakarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dengan narasumber dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini yang ditemukan berupa peran Public Relations Diskominfo kota Surakarta dalam menjalankan aktivitas Public Relations dalam hal ini pertama memberikan program percepatan vaksinasi, memberikan sosialisasi dan mengembangkan aplikasi Ulas. Sedangkan Strategi digital Public Relations Diskominfo kota Surakarta dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 terdiri dari pertama strategi berbasis konten dengan meme, kedua menggunakan influencer untuk membantu mengkampanyekan campaign Covid-19, ketiga periode waktu konten untuk di publish. Setelah melakukan beberapa strategi tersebut Public Relations Diskominfo kota Surakarta melakukan kegiatan evaluasi untuk mengatasi hambatan selama pelaksanaan kegiatan Digital Public Relations, kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh Public Relations Diskominfo kota Surakarta mengenai fokus pelayanan program vaksinasi serta kampanye penanganan pandemi Covid-19 melalui media sosial.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDigital Public Relationsen_US
dc.subjectPenangananen_US
dc.subjectCovid-19en_US
dc.titleAnalisis Strategi Digital Public Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta dalam Mengatasi Dampak Pandemi Covid-19en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321024


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record