Analisis Strategi Digital Public Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta dalam Mengatasi Dampak Pandemi Covid-19
Abstract
Pada awal bulan Maret 2020 kota Surakarta telah dinyatakan sebagai kejadian luar biasa
karena terserang wabah Covid-19. Adanya pandemi mengakibatkan keresahan ditengah
masyarakat, tentunya masyarakat perlu adanya informasi yang pasti serta kebijakan yang dibuat
pemerintah sehingga tidak menimbulkan kerancuan didalam masyarakat. Maka dari itu Public
Relations Diskominfo kota Surakarta menggunakan media sosial untuk sosialisasi penanganan
Covid-19 di kota Surakarta.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi digital Public Relations Diskominfo
kota Surakarta dalam menyampaikan pengendalian Covid-19 lewat media sosial serta
mengetahui hambatan Public Relations. Peneliti menggunakan teori digital Public Relations,
serta teori pendukung lainya seperti government Public Relations dan komunikasi krisis Public
Relations. Paradigma dalam penelitian ini adalah konstruktivisme menggunakan metode
kualitatif dengan studi kasus pada Public Relations Diskominfo kota Surakarta. Pengumpulan
data menggunakan wawancara mendalam dengan narasumber dan observasi. Analisis data
dilakukan melalui tahapan redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini yang ditemukan berupa peran Public Relations Diskominfo
kota Surakarta dalam menjalankan aktivitas Public Relations dalam hal ini pertama memberikan
program percepatan vaksinasi, memberikan sosialisasi dan mengembangkan aplikasi Ulas.
Sedangkan Strategi digital Public Relations Diskominfo kota Surakarta dalam mengatasi
dampak pandemi Covid-19 terdiri dari pertama strategi berbasis konten dengan meme, kedua
menggunakan influencer untuk membantu mengkampanyekan campaign Covid-19, ketiga
periode waktu konten untuk di publish.
Setelah melakukan beberapa strategi tersebut Public Relations Diskominfo kota
Surakarta melakukan kegiatan evaluasi untuk mengatasi hambatan selama pelaksanaan kegiatan
Digital Public Relations, kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh Public Relations Diskominfo
kota Surakarta mengenai fokus pelayanan program vaksinasi serta kampanye penanganan
pandemi Covid-19 melalui media sosial.
Collections
- Communication [949]