Strategi Relationship Marketing yang Dilakukan Segmen Government PT Telkom Witel Yogyakarta dalam mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Abstract
Kepercayaan, layanan dan komunikasi yang terjalin antara PT Telkom
Witel Yogyakarta segmen Government dengan pelanggannya akan membuat
strategi relationship marketing ini menjadi kunci dalam upaya mempertahankan
loyalitas pelanggan. Tujuan dari kegiatan magang ini yaitu untuk mengetahui dan
mempelajari strategi relationship marketing yang baik dalam mempertahankan
loyalitas pelanggan.
PT. Telkom Indonesia Tbk dibentuk pada tanggal 06 Juli 1965, badan usaha
ini merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang jasa
layanan dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Hingga kini, Telkom telah
melayani jutaan pelanggan yang tersebar di seluruh pelosok negeri di Indonesia dan
mempunyai fokus serta komitmen untuk menjadi pemimpin pasar pada bidangnya.
Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah metode kualitatif.
Pencapaian penulis selama pelaksanaan magang berlangsung yaitu bekerja pada
divisi Government Service. Selain itu, penulis juga berkesempatan untuk
berkontribusi dalam program kerja Pemerintah Kabupaten Sleman WiFi Padukuhan
dan PT Telkom Witel Yogyakarta berperan dalam perluasan jaringan WiFi gratis
di setiap padukuhan, PPDB Online 2022, rekap data Analisis Daerah Operasi
(ADO) dan divisi Government berhasil memasuki peringkat pertama racing divisi
EGBIS Regional 4 dengan kevalidan data 100%.
Selama pelaksanaan magang penulis merasakan kekeluargaan yang sangat
kuat dalam divisi Government Service, perlakuan yang sangat baik dan juga
lingkungan kerja yang nyaman, hal ini tentunya menjadi faktor pendukung selama
pelaksaan magang berlangsung. Disamping itu, penulis juga menemui beberapa
hambatan terkait adaptasi lingkungan, budaya kerja dan juga tugas yang diberikan.
Collections
- Management [4578]