Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Kerajinan Kulit di Yogyakarta Dalam Menarik Minat Pembeli Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Djoen Leather dan Ajeng Leather)
Abstract
Tujuan Strategi komunikasi pemasaran bagi Djoen Leather dan Ajeng Leather adalah untuk
membentuk aktivitas penyampaian informasi kepada konsumen, menumbuhkan rasa ketertarikan, dan membangun kepercayaan terhadap suatu merek atau produk. Penelitian ini untuk mengetahui
Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan dan kendala seperti apa yang sekiranya dihadapi
untuk Menarik Minat Pembeli Selama masa Pandemi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah STP (Segmentating, Targeting, dan
Positioning) dan Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang mana data yang
diambil berdasarkan dari wawancara dengan narasumber, observasi dan mengambil dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yakni Djoen Leather dan Ajeng Leather sama-sama menjalankan
metode strategi pemasaran tidak terpola atau luas, yang mana target dan segmennya menggunakan
Undif entiated Marketing. Kedua objek penelitian ini melakukan strategi promosi advertising, sales promotion, publicity, Personal selling, Direct Marketing dan Social media marketing dengan
memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat berbelanja serta memberikan penawaran
harga yang menarik. Faktor pendukung yaitu nama Brand mereka yang telah tersebar dan diketahui
oleh masyarakat luas dengan menghadirkan produk yang telah terjamin keasliannya dan
keunggulannya. Untuk Kelebihan yang diberikan juga cukup berbeda, Djoen Leather memiliki
keunggulan dalam Media sosial mereka yang memiliki ragam pilihan dan Ajeng Leather yang
memiliki pelayanan Sales yang memuaskan. Sedangkan Faktor kendala yang dihadapi berupa
Menurunnya minat pembeli selama pandemi dan terbatasnya komunikasi saat jual beli dengan
pelanggan.
Collections
- Communication [943]