Show simple item record

dc.contributor.authorIlma, Arinta Maulida Nur
dc.date.accessioned2024-01-19T07:10:26Z
dc.date.available2024-01-19T07:10:26Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46808
dc.description.abstractProvinsi Papua memiliki influencer-influencer lokal yang mulai bermunculan dan aktif mempromosikan potensi pariwisata yang ada. Aktivitas ini dilakukan dengan konsep social media influence. Aktivitas berbasis social media influence yang dilakukan oleh influencer lokal Papua menimbulkan pola komunikasi secara digital. Pola komunikasi ini terjalin antara konten-konten promosi pariwisata yang dibuat oleh influencer dan para pengikut yang dimiliki dan pengguna media sosial lain sebagai komunikan dan penerima informasi mengenai potensi pariwisata yang ada di Papua. Melalui hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola komunikasi secara digital yang dilakukan oleh influencer lokal Papua dalam mempromosikan potensi pariwisata yang ada di suatu wilayah. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Informan yang menjadi partisipan dalam penelitian ini adalah 5 orang influencer lokal yang berasal dari Papua. Hasil penelitian ini adalah terdapat motif latar belakang pembuatan akun media sosial yang digunakan dalam mempromosikan potensi pariwisata. Muncul juga harapan dari kegiatan promosi potensi pariwisata Papua yang dilakukan melalui akun media sosial oleh para influencer lokal. Hasil lain terdapat makna yang muncul dalan tipikasi-tipikasi yang terbagi atas 2 jenis, yaitu influencer yang berfokus pada promosi konten dan influencer penggerak dan pengembang promosi potensi pariwisata di Provinsi Papua Papua. Hasil mengenai pola komunikasi digital dalam penelitian ini adalah terbentuk pola komunikasi secara primer dan sekunder pada kelima akun media sosial Instagram. Hasil lain adalah terdapat arah pola komunikasi yang terjadi dalam akun Instagram para informan yang terjalin antara influencer dan pengguna media sosial yang meliputi pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah. Kegiatan promosi para influencer dan pola komunikasi yang dijalin mendapatkan hambatan berupa keterbatasan waktu dalam membuat konten, sinyal yang tidak stabil, dan alasan keamanan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPola Komunikasien_US
dc.subjectKomunikasi Digitalen_US
dc.subjectPromosi Wisataen_US
dc.subjectPotensi Pariwisataen_US
dc.subjectInfluenceren_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectProvinsi Papuaen_US
dc.titlePola Komunikasi Digital Influencer Papua dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Provinsi Papua MANen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321238


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record