dc.description.abstract | Dalam membantu pertumbuhan ekonomi syariah nasional masyarakat harus
mempunyai pemahaman mengenai keuangan yang lebih tinggi, individu harus
menjadikan suatu literasi keuangan sebagai kebutuhan dasar masing-masing dalam
mengelola keuangan. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim
terbesar di dunia, literasi keuangan menjadi penting ketika berkaitan dengan
perbankan syariah serta produk pendukungnya. Banyak perusahaan perbankan
syariah yang saat ini berusaha meningkatkan strategi literasi keuangan syariah salah
satunya Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi
meningkatkan literasi keuangan nasabah terhadap penggunaan produk-produk
keuangan syariah khususnya dari sembilan produk pembiayaan pada PT Bank
Syariah Indonesia,Tbk KCP Jakarta Sunter 1. Penelitian ini bersifat kuantitatif
deskriptif dengan metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, observasi
langsung di lapangan dan dokumentasi. Teknik pemilihan partisipan melalui model
purposive sampling dengan target kuisioner, yaitu nasabah dan karyawan. Jumlah
responden adalah 37 nasabah dan 11 karyawan. Teknik analisis data adalah Analisa
deskriptif yang diolah melalui aplikasi Microsoft Excel. Hasil penelitian ini
menunjukkan strategi perusahaan dalam meningkatkan literasi keuangan syariah
pada masyarakat dilakukan dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada
masyarakat melalui media massa, dan masyarakat secara langsung. Tingkat literasi
keuangan syariah pada nasabah Bank Syariah Jakarta Sunter 1 sebesar 84,07 % yaitu
berada pada kategori tinggi. Sumber daya manusia yang dimiliki pun masih perlu
ditingkatkan kemampuannya dalam berbagai hal. Oleh sebab itu, perlu mendapat
pelatihan dan pendidikan yang berbasis syariah, melakukan sosialisasi dan
pemahaman untuk masyarakat sekitar, melakukan promosi secara massif, dan
menjalin kerjasama dengan instansi baik pemerintah maupun swasta. | en_US |