Pengaruh Positif Penggunaan Bingkai Diskon terhadap Reputasi Merek, Citra Merek, dan Minat Beli Ulang di Toko Online Shopee
Abstract
Pertumbuhan e-commerce semakin meningkat seiring berkembangnya waktu,
bisa dilihat dari banyaknya e-commerce yang bermunculan. Salah satu dari sekian
banyak e-commerce di Indonesia adalah Shopee yang mana telah menjadi e-commerce
dengan pengguna terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce terbesar,
strategi pemasaran berperan penting dalam penjualan produk, pengenalan produk, dan
menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
bingkai diskon sebagai salah satu strategi pemasaran yang digunakan Shopee terhadap
reputasi merek dan citra merek. Selain itu juga, mengetahui apakah minat beli ulang
oleh konsumen terjadi dikarenakan ketiga faktor tersebut. Pengujian hipotesis dan
model penelitian menggunakan 166 sampel responden yang tersebar di wilayah
Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Teknik
analisis yang digunakan yaitu analisis SEM yang diolah menggunakan bantuan dari
aplikasi AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara variabel bingkai diskon dengan citra merek, bingkai diskon
dengan reputasi merek, reputasi merek dengan citra merek, dan citra merek dengan
minat beli ulang. Sedangkan, pada variabel bingkai diskon dan reputasi merek
diperoleh hasil yang tidak signifikan dalam mempengaruhi variabel minat beli ulang.
Collections
- Management [4552]