dc.description.abstract | Game Online Mobile Legends Bang Bang (MLBB) merupakan salah satu
permainan yang bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Mobile
Legends Bang Bang dimainkan oleh tim 5 vs 5 dengan tim lawan. Kemenangan
akan diraih jika salah satu tim menghancurkasn basis lawan. Kemenangan pada
mode rank akan membawa pemain ke tingkatan tertentu di dalam game seperti
warrior, elite, master, grandmaster, epic, legend, dan mythic. Selain itu, pemain
dapat memilih karakter dan jubah (skin) yang akan digunakan dalam pertandingan.
Harga tiap skin berbeda-beda tergantung dengan visual effect yang ditawarkannya.
Berdasarkan hasil observasi, peneliti tertarik untuk mengkaji tentang bentuk
perilaku konsumtif pada pemain game online Mobile Legends Bang Bang serta apa
yang mendasari perilaku tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara mendalam (indepth
interview), observasi, dan dokumentasi pada akun game narasumber. Narasumber
dipilih dengan teknik purposive sampling pada komunitas game online ESI Jember.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perilaku konsumtif pada pemain
game online MLBB. Perilaku Konsumtif ini dapat dilihat dari durasi bermain yang
berlangsung hingga sepuluh match perhari. Pemain game online ini bahkan
merasakan pusing dan kegiatan terganggu akibat begadang untuk bermain game
online Mobile Legends Bang Bang. Selain itu, pemain cenderung mengeluarkan
uang untuk membeli skin dengan visual yang menawan. Pemain akan terus
melakukan pembelian skin untuk mengoleksinya sekalipun tidak dapat
menggunakannya dalam pertandingan. Adapun faktor yang mendasarinya adalah
keinginan dari dalam diri untuk terus bermain hingga mendapatkan posisi tertinggi
(rank mythic) dan dorongan kuat yang berasal dari kelompok bermainnya. | en_US |