Show simple item record

dc.contributor.authorYusrinawati, Rizqiyah
dc.date.accessioned2024-01-19T02:47:29Z
dc.date.available2024-01-19T02:47:29Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46781
dc.description.abstractGame Online Mobile Legends Bang Bang (MLBB) merupakan salah satu permainan yang bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Mobile Legends Bang Bang dimainkan oleh tim 5 vs 5 dengan tim lawan. Kemenangan akan diraih jika salah satu tim menghancurkasn basis lawan. Kemenangan pada mode rank akan membawa pemain ke tingkatan tertentu di dalam game seperti warrior, elite, master, grandmaster, epic, legend, dan mythic. Selain itu, pemain dapat memilih karakter dan jubah (skin) yang akan digunakan dalam pertandingan. Harga tiap skin berbeda-beda tergantung dengan visual effect yang ditawarkannya. Berdasarkan hasil observasi, peneliti tertarik untuk mengkaji tentang bentuk perilaku konsumtif pada pemain game online Mobile Legends Bang Bang serta apa yang mendasari perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan dokumentasi pada akun game narasumber. Narasumber dipilih dengan teknik purposive sampling pada komunitas game online ESI Jember. Hasil penelitian menunjukkan adanya perilaku konsumtif pada pemain game online MLBB. Perilaku Konsumtif ini dapat dilihat dari durasi bermain yang berlangsung hingga sepuluh match perhari. Pemain game online ini bahkan merasakan pusing dan kegiatan terganggu akibat begadang untuk bermain game online Mobile Legends Bang Bang. Selain itu, pemain cenderung mengeluarkan uang untuk membeli skin dengan visual yang menawan. Pemain akan terus melakukan pembelian skin untuk mengoleksinya sekalipun tidak dapat menggunakannya dalam pertandingan. Adapun faktor yang mendasarinya adalah keinginan dari dalam diri untuk terus bermain hingga mendapatkan posisi tertinggi (rank mythic) dan dorongan kuat yang berasal dari kelompok bermainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGame Onlineen_US
dc.subjectMobile Legends Bang Bangen_US
dc.subjectPerilaku Konsumtifen_US
dc.titleAnalisis Perilaku Konsumtif Pemain Game Mobile Legends Bang Bang di ESports Indonesia Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321294


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record