Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi dalam meningkatkan Kinerja Bisnis UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan
inovasi dalam meningkatkan kinerja bisnis UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dengan menggunakan teknik non-probability convenience sampling dan metode
survei, penelitian ini melibatkan 150 UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Menggunakan pendekatan PLS-SEM, hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi
orientasi pemasok dan orientasi pesaing berdampak positif terhadap inovasi bisnis.
Selain itu, inovasi bisnis berdampak positif terhadap kinerja bisnis UMKM. Hasil
penelitian ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk mempertimbangkan
dampak orientasi pesaing, orientasi pemasok, dan inovasi bisnis untuk
meningkatkan kinerja usaha UMKM.
Collections
- Management [4548]