Show simple item record

dc.contributor.authorRusnandha, Yasmine Amalia
dc.date.accessioned2024-01-18T03:16:57Z
dc.date.available2024-01-18T03:16:57Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46720
dc.description.abstractIsu praktik poligami di Indonesia sampai sekarang masih menjadi polemik yang kontroversial. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, praktik poligami dipenuhi dengan pro dan kontra bagi masing-masing kelompok masyarakat. Narasi Newsroom sebagai media baru mengulas terkait praktik mentoring poligami berbayar pada kanal YouTube-nya dengan judul “Mengusik Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar”. Konten tersebut meraih penonton hingga 2.4 juta dan menjadi perbincangan di media sosial seperti Twitter. Penelitian ini bertujuan mengungkap seperti apa praktik poligami direpresentasikan dalam media Narasi Newsroom. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan paradigma kritis. Metode analisis yang digunakan di studi ini ialah semiotika John Fiske. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ideologi feminisme menjadi dasar dari produksi konten Narasi Newsroom yang judulnya“Mengusik Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar”. Selanjutnya, praktik poligami direpresentasikan sebagai suatu praktik yang jauh dari ajaran Islam karena tujuannya hanya berkutat pada pemenuhan nafsu semata, tanpa memperhatikan perasaan perempuan. Kemudian, praktik poligami ditunjukkan dengan membuat peran seorang perempuan hanya dapat pasrah dan sabar dengan alasan untuk memperoleh balasan yang lebih baik dari Allah Swt.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectJohn Fiskeen_US
dc.subjectNarasi Newsroomen_US
dc.subjectPoligamien_US
dc.subjectIdeologien_US
dc.titleRepresentasi Praktik Poligami di Media Baru: Analisis Semiotik Tayangan “Mengusik Sisi Lain Mentoring Poligami Berbayar” pada Kanal Youtube Narasi Newsroomen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321007


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record