Strategi Digital Marketing Bucini dalam upaya Peningkatan Penjualan Produk
Abstract
Bucini merupakan merek produk kulit Indonesia yang bergerak di bidang fashion di
bawah naungan PT. Mandiri Jogja Internasional yang berdiri sejak tahun 1997 dan merek
tersebut digunakan sejak tahun 2010. Bucini berupaya melakukan inovasi untuk
meningkatkan penjualan dengan melebarkan sayap ke dunia digital marketing. Bucini
memanfaatkan berbagai media digital atau multichannel dalam kegiatan pemasarannya.
Digital marketing dinilai efektif meningkatkan angka penjualan produk karena memiliki
jangkauan yang sangat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital
marketing yang digunakan oleh Bucini dalam upaya peningkatan penjualan, memahami
bagaimana Bucini memanfaatkan platform digital dan teknik pemasaran online untuk
mencapai target penjualan yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak terkait
serta melakukan observasi dan analisis pada media-media digital yang digunakan oleh
Bucini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bucini telah mengadopsi berbagai strategi
digital marketing. Bucini memanfaatkan website, media sosial, dan marketplace untuk
membangun strategi digital marketing yang lebih kuat dan meningkatkan interaksi dengan
pelanggan. Adapun tools digital marketing yang digunakan oleh Bucini adalah content
marketing, search engine optimization, social media marketing, email marketing, instant
messaging marketing, dan marketplace. Bucini juga memanfaatkan optimasi mesin pencari
untuk meningkatkan visitabilitas dan menarik lebih banyak pengunjung pada official
website. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperluas
pemahaman mengenai strategi digital marketing dalam konteks peningkatan penjualan.
Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya mempertimbangan dan mengadopsi strategi
digital marketing yang sesuai dengan target pasar untuk meningkatkan penjualan dan
memanfaatkan kehadiran digitalisasi.
Collections
- Communication [949]