Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan, dan Brand Image terhadap Minat dalam menggunakan Media Pembayaran Berbasis QRIS yang dilakukan Gen Z di Provinsi Di. Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang
mempengaruhi minat Generasi Z di Provinsi DI Yogyakarta terhadap Persepsi
kemudahan, Persepsi manfaat, Persepsi keamanan, dan Brand image dalam
menggunakan media pembayaran berbasis QRIS. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling, yang merupakan
teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang yang sama kepada
setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Teknik non-probability sampling
yang digunakan adalah purposive sampling, di mana peneliti memilih sampel
dengan kriteria tertentu. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih adalah
Generasi Z yang memiliki rentang usia 19 tahun - 25 tahun di Provinsi DI
Yogyakarta dan responden yang menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran.
Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner
secara online melalui google form dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden.
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan program
komputer dengan aplikasi Software Statistical Package for Social Science (SPSS).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi
manfaat, persepsi keamanan, dan brand image memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan media pembayaran
berbasis QRIS.
Collections
- Akuntansi [4426]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN
Aninda Ristyorini, 14312047 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-08)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak, persepsi sanksi perpajakan, persepsi pendapatan wajib pajak, persepsi pemahaman dan pengetahuan tentang peraturan perpajakan, ... -
PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DENGAN MEDIATOR SIKAP BELANJA MENGGUNAKAN THEORY ACCEPTANCE MODEL
Wahidatunnisa, Erina (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Pandemi Covid-19 telah mendorong aktivitas berbelanja online di Indonesia lebih aktif. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kontak fisik saat membeli produk dan mengurangi mobilitas kegiatan di luar. Penelitian ini bertujuan ... -
PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PADA GENERASI MILLENIAL DI YOGYAKARTA
Juliawan, Anita Sarah (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Persepsi Sikap, Persepsi Norma Subjektif, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, dan Persepsi Kesesuaian terhadap minat penggunaan financial technology pada mahasiswa Fakultas ...