Implikasi Online Customer Shopping Experience (OCSE) Terhadap Online Impulsive Buying Pada E-commerce Shopee & Tokopedia Dengan Attitudinal Loyalty Sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh positif functionality dan
psychological components Online Customers Shopping Experience (OCSE)
terhadap attitude loyalty serta online impulsive buying pada e-commerce Shopee &
Tokopedia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.
Dengan populasi seluruh masyarakat Indonesia yang pernah menggunakan dan
membeli produk pada e-commerce Shopee atau Tokopedia. Sampel ditentukan
menggunakan metode non probability sampling dengan teknik convenience
sampling. Jumlah sampel sebanyak 470 responden. Data penelitian dianalisis
menggunakan software AMOS 24 dengan pemodelan Structural Equation Model
(SEM). Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa informativeness berpengaruh
positif dan signifikan terhadap online impulsive buying, convenience berpengaruh
positif dan signifikan terhadap online impulsive buying dan attitude loyalty, attitude
loyalty berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulsive buying, serta
4 hipotesis lainnya yang dinyatakan tidak signifikan.
Collections
- Master of Management [408]