Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan
Abstract
Pertumbuhan media sosial memberikan peluang bagi pebisnis untuk menjadikan
alat pemasaran. Pemasaran media sosial memberikan kemudahan bagi pebisnis
untuk berinteraksi dengan konsumen. Instagram merupakan media sosial yang
dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pemasaran media sosial instagram terhadap keputusan pembelian.
Sampel yang akan digunakan yaitu masyarakat Indonesia yang pernah membeli dan
mengetahui produk Kopi Kenangan melalui Instagram. Jumlah responden pada
penelitian ini sebanyak 210 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode Purposive Sampling. Alat analisis pada penelitian ini adalah SEM dengan
perangkat PLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan seluruh hipotesis
diterima. Pemasaran media sosial, ekuitas merek, dan kesadaran merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pemasaran
media sosial berpengaruh positif terhadap ekuitas merek dan kesadaran merek.
Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian melalui kesadaran merek. Penelitian ini menyarankan pemasar
perusahaan agar mengelola pemasaran media sosial instagram untuk
mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sehingga
penjualan perusahaan akan meningkat.
Collections
- Management [4600]