Representasi Isu Lingkungan dalam Iklan Media Cetak (Analisis Semiotik Iklan Advertorial Sepeda Motor Jepang tahun 1970-2000 dalam Surat Kabar Kompas)
Abstract
Isu lingkungan masih belum tergambar pada awal kemunculan teori etika
lingkungan. Kemunculan isu lingkungan dimulai saat iklan advertorial muncul,
dalam iklan advertorial kemunculan konotasi menurut Roland Barthes dalam teks
semakin banyak. Dalam iklan advertorial, isu lingkungan sudah termaknai dengan
baik sebagai alat hegemoni dan persuasi. Beberapa konotasi juga memunculkan
prinsip etika lingkungan respect for nature sebagai “batu loncatan” dalam mencapai
tujuan iklan. Tiap produsen sepeda motor Jepang mempunyai tingkat konotasi dan
mitos yang berbeda dalam tiap tahunnya, sehingga ideologi dan kepentingan tiap
produsen sepeda motor Jepang juga sangat beragam.
Collections
- Communication [945]