Evaluasi E-service Quality Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Cirebon
Abstract
Latar belakang penelitian adalah saat ini konsumen melakukan penilaian
pada kualitas pelayanan ketika berbelanja secara online merupakan cara untuk
menentukan kepuasan pembelian dan meningkatkan strategi pemasaran dan
penjualan mereka untuk menarik lebih banyak konsumen untuk menjadi
pelanggan setia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Evaluasi E-Service
Quality Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Cirebon. Jenis penelitian yang
digunakan adalah survei. Lokasi penelitian di Kota Cirebon. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian 112 orang. Teknik analisis data
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan statistik deskriptif. Teknik
pengolahan dan analisis data menggunakan SPSS 25. Adapun hasil responden
menjawab menghemat waktu berbelanja di Shopee dengan skor persepsi rata-rata
4,05. Responden membeli produk sesuai dengan yang ditawarkan di Shopee
dengan skor persepsi rata-rata 4,13. Pengiriman di Shopee tepat waktu dengan
skor persepsi rata-rata 3,79. Customer service Shopee merespons cepat jika ada
kendala dengan skor persepsi rata-rata 3,85. Responden mudah mengembalikan
produk dengan skor rata-rata 3,5. Sistem privasi belanja di Shopee aman dengan
skor persepsi rata-rata 3,81. Shopee melindungi informasi transaksi konsumen
dengan skor persepsi rata-rata 3,88. Kebutuhan responden terpenuhi berbelanja di
Shopee dengan skor persepsi rata-rata 3,87. Secara keseluruhan nilai persepsi rata-
rata E-Service Quality berdasar hasil kuesioner servperf yaitu 3,86 yang berarti
juga tingkat kepuasan E-Service Quality pengguna aplikasi Shopee di Kota
Cirebon baik.
Collections
- Management [4548]