Show simple item record

dc.contributor.authorYuliana, Hanan
dc.date.accessioned2024-01-05T06:09:50Z
dc.date.available2024-01-05T06:09:50Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46223
dc.description.abstractIndustri fashion muslim di Indonesia merupakan salah satu industri yang berkembang dengan pesat. Tren hijab berkembang pesat di pasar global sehingga menghadirkan peluang usaha industri fashion. Dampak dari fast industri fashion tersebut berakibat penumpukan limbah tekstil sebanyak 90 juta ton limbah tesktil setiap tahunnya (CNN, 2022). Berdasarkan hasil dari observasi problematika tersebut, penulis memilih untuk menjalankan rintisan bisnis fashion hijab. Di Indonesia, industri fashion hijab sangatlah beragam, namun tidak diimbangi dengan kepedulian lingkungan. Oleh karena itu, Bhoomy hadir untuk merespon problematika tersebut dengan melakukan perintisan bisnis yang berjudul Inovasi Produk Hijab dengan Pewarnaan Alami Menggunakan Teknik Ecoprint. Perintisan bisnis mulai beroperasi dari bulan Februari 2023 sampai dengan Juni 2023, bertempat di Dusun Sardonoharjo, Kecamatan Nganglik, Kabupaten Sleman, D. I Yogyakarta. Kelompok bisnis Bhoomy terdiri dari tiga orang yang terdiri dari bidang produksi, bidang pemasaran dan bidang keuangan. Bhommy menghadirkan strategi untuk mengembangkan produk hijab ecoprint yang stylish agar dapat menarik target market nya, yaitu generasi Z penggiat sustainable fashion. Bhoomy menawarkan hijab berwarna earth tone, minim motif dan menggunakan packaging yang dapat digunakan secara berulang dengan harga yang affordable. Pada laporan ini penulis melaporkan program kerja bidang produksi dari bisnis Bhoomy, yaitu riset spesifikasi produk, menentukan bahan baku dan alat produksi, manajemen stok dan quality control serta membuat rincian biaya produksi dengan berkoordinasi bersama bidang keuangan. Pada realisasi pelaksanaan bisnis, Bhoomy mengalami beberapa tantangan dalam aspek bahan baku dan manajemen stock. Namun, Bhoomy telah menemukan formula tahapan produksi yang sesuai dengan spesifikasi produk yang telah disepakati sehingga mampu memproduksi hijab sebanyak 24 pcs yang terdiri dari 4 jenis produk dan terjual sebanyak 19 pcs. Dengan demikian, bisnis Bhoomy telah berhasil mencapai Break Even Point (BEP).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerintisan Bisnisen_US
dc.subjectHijaben_US
dc.subjectEcoprinten_US
dc.subjectProduksien_US
dc.titleInovasi Produk Hijab dengan Pewarnaan Alami menggunakan Teknik Ecoprint Aspek Produksien_US
dc.title.alternativeHijab Product Innovation with Natural Dyeing using Ecoprint Techniques in Production Aspecten_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19423074


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record