Analisis Faktor-faktor yang memengaruhi Niat Penggunaan Layanan Fintech pada Mobile Banking (Studi pada Bank Syariah Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi
niat penggunaan layanan fintech mobile banking pada objek Bank Syariah
Indonesia. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden
dengan menyebarkan kuesioner online yang tersebar di wilayah Yogyakarta.
Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling melalui
metode purposive sampling, yakni dengan memilih sampel yang didasarkan pada
kriteria yang telah ditentukan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini
yaitu SPSS dan PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa facilitating condition, performance expectancy, dan social
influence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use pada
BSI mobile banking. Sedangkan effort expectancy dan perceived risk tidak
memengaruhi secara signifikan terhadap intention to use pada BSI mobile banking.
Penelitian ini berperan dalam pengujian kembali antara lima variabel dari UTAUT
dalam konteks Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini dapat dijadikan referensi
bagi Bank Syariah Indonesia untuk terus meningkatkan layanan perbankan, selain
itu juga untuk mengetahui faktor apa saja yang lebih dominan memiliki dampak
terhadap intention to use, sehingga dari hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
evaluasi dan pengembangan lebih baik lagi untuk kedepannya.
Collections
- Management [4527]