Pengaruh Fashion Influencer terhadap Sikap Merek dan Niat Beli Konsumen
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh fashion influencer terhadap sikap merek
dan niat beli konsumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah kredibilitas yang dirasakan, kepercayaan, kontrol perilaku, norma subjektif,
keahlian yang dirasakan, kesesuaian yang dirasakan, dan daya tarik berpengaruh
positif dengan sikap terhadap influencer, dan apakah sikap terhadap influencer
berpengaruh terhadap sikap merek konsumen, serta apakah sikap merek konsumen
dan sikap terhadap influencer berpengaruh positif terhadap niat beli. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik
pengumpulan data adalah dengan membagikan kuesioner kepada 150 responden.
Adapun hasil dari analisis SEM-PLS diperoleh bahwa kredibilitas yang dirasakan,
kepercayaan, norma subjektif, keahlian yang dirasakan, daya tarik dan sikap terhadap
merek, memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap terhadap
influencer. Sedangkan Kontrol Perilaku dan kesesuain persepsi konsumen tidak
berpengaruh pada sikap terhadap influencer. Sikap terhadap influencer memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap terhadap merek dan niat beli,
serta sikap terhadap merek memiliki pengaruh positif dan substansial terhadap niat
membeli. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat digunakan oleh para
pemasar yang menggunakan fashion influencer dalam menyusun kebijakan
pemasaran selanjutnya.
Collections
- Management [4703]