Komunikasi Pemasaran Film Abracadabra
Abstract
Film Abracadabra merupakan film yang menceritakan tentang dunia sulap
dan bergenre fantasi. Film Abracadabra agar dapat diketahui oleh targetnya perlu
untuk melakukan komunikasi pemasaran, diantaranya yang dipilih adalah melalui
media Instagram. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis komunikasi
pemasaran film Abracadabra.
Paradigma penelitian adalah konstruktivisme. Subyek penelitian ini adalah
satu orang Marketing Communication Film Abracadabra dan dua orang
influencer di media sosial Instagram. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran film
Abracadabra dilaksanakan dengan mengunggah konten-konten promosi film pada
akun Instagram @abracadabrafilm. Konten yang diunggah diantaranya adalah
informasi pemain film Abracadabra, jadwal penayangan film di bioskop, trailer
film, info diskon pembelian tiket film, penyelenggaraan Give Away. Informasi
tersebut diunggah pada fitur Instagram seperti feeds Instagram, Instagram Story
ataupun IGTV. Setiap unggahan konten disertai dengan foto ataupun video dan
juga caption yang berupa keterangan terkait dengan informasi yang diunggah.
Caption dibuat dengan bahasa yang jelas, menarik dan interaktif. Untuk video
masih minim unggahan. Penggunaan media Instagram terkait dengan promosi
film didukung dengan adanya influencer saat ini yang aktif menggunakan media
sosial untuk saling bertukar pesan. Film Abracadabra mendapat apresiasi dari
influencer yang juga ikut andil mempromosikan film tersebut melalui akun
Instagram pribadi mereka. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri pada komunikasi
pemasaran film Abracadabra melalui Instagram yang berdampak pada informasi
film semakin luas.
Collections
- Communication [990]