PENGARUH JAMINAN HALAL, KUALITAS PRODUK DAN REVIEW MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP DAN MINAT BELI MAKANAN BAGI KONSUMEN MUSLIM DI RESTAURANT YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh
jaminan halal, kualitas produk, dan ulasan media sosial terhadap sikap dan minat
beli makanan bagi konsumen muslim pada restaurant yang ada di wilayah
Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer teknik convenience sampling
dengan sampel yang diperoleh 200 responden konsumen muslim. Penelitian ini
menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan olah
data menggunakan program SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa jaminan halal, kualitas produk, dan ulasan media sosial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli konsumen muslim. Adapun sikap konsumen
yang dipengaruhi oleh jaminan halal, kualitas produk, dan ulasan media sosial
menunjukkan hasil positif dan signifikan. Selanjutnya, sikap konsumen juga
menunjukkan adanya pengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli.
Collections
- Management [4548]