Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Spotify Premium
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis pengaruh kualitas layanan, harga,
dan promosi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada pengguna Spotify premium.
Analisis yang digunakan menggunakan program aplikasi AMOS versi 26.0. Penelitian ini
dilakukan di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan variabel
yang meliputi kualitas layanan, harga, dan promosi dan variabel tergantung meliputi kepuasan
dan loyalitas pelanggan. Populasi yang digunakan adalah semua pengguna Spotify premium di
Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu purposive
sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 235 responden dan dianalisis dengan
pendekatan SEM. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas layanan dan harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga dan kepuasan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Collections
- Management [4539]