EFEKTIVITAS PRICING STRATEGY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN APLIKASI PEMBUKUAN DAN KASIR PACCOUNTING BY PANEMU
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada efektivitas dari pricing
strategy terhadap keputusan pembelian aplikasi pembukuan dan kasir PAccounting
oleh PT Panemu Solusi Industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan metode observasi langsung dan wawancara oleh perusahaan.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah perusahaan menerapkan beberapa pricing
strategy Paccounting yang berbeda, diantaranya strategi harga diskon, strategi
harga freemium, strategi harga premium, dan strategi harga psikologis. Setiap
strategi yang digunakan memiliki tujuan yang berbeda, yang mana pada strategi
harga diskon diharapkan konsumen memilih paket harga yang paling tinggi, lalu
strategi harga freemium berfokus untuk menarik calon pengguna dengan masa
percobaan tanpa biaya, sedangkan strategi harga premium menawarkan konsumen
dengan aplikasi yang memiliki fitur lengkap, serta pada strategi harga psikologis
bertujuan agar calon konsumen berpikir bahwa produk tidak mahal. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa keempat strategi tersebut membawa dampak positif pada
minat konsumen dilihat dari meningkatnya penjualan selama 3 tahun.
Collections
- Management [4548]