PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UNIT PRODUK HILIR KOPI BANARAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX
Abstract
Pemasaran adalah salah satu alat perusahaan dalam menyampaikan produk
maupun jassa yang ditawarkan. Disamping itu, promosi merupakan salah satu cara
pemasaran dan termasuk dalam bagian bauran pemasaran dalam menciptakan
hubungan jangka panjang antara konsumen dengan perusahaan melalui produk
yang ditawarkan perusahaan. Bauran promosi dikelompokkan kedalam 5 elemen
yaitu periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan
hubungan masyarakat. Unit produk hilir kopi banaran merupakan unit milik PT.
Perkebunan Nusantara IX. Namun perusahaan berfokus dalam memproduksi
olahan kopi. Dalam menerapkan staretgi bauran promosi, unit produk hilir
Banaran sudah menerapkan elemen bauran promosi seperti periklanan, penjualan
pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, maupun melalui hubungan
masyarakat. Tetapi strategi bauran promosi yang diterapkan di unit produk hilir
kopi banaran masih belum berjalan efektif. Oleh karena itu, tujuan dibuatnya
laporan magang ini untuk mengetahui dari ke 5 elemen tersebut, elemen mana
yang mempengaruhi penjualan pada Kopi Banaran yang perlu dikembangkan dan
ditingkatkan melalui hasil analisis bauran promosi. Laporan magang ini
menggunakan metode studi kasus kuantitatif, mengambil data sekunder yaitu data
penjualan Kopi Banaran tahun 2021-2022. Adapun hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa 3 hipotesis diterima, dan 2 hipotesis ditolak. Hasil penelitian
ini diharapkan dapat membantu pihak penerima magang yaitu Unit Produk Hilir
Kopi Banaran PT Perkebunan Nusantara IX dalam mengembangkan dan
meningkatkan volume penjualan melalui bauran promosi.
Collections
- Management [4548]